Recent Posts

Join The Community

Search

SITE SURVEY




Kali ini kita membahsa tentang Site survey, merupakanproses yang dilakukan oleh surveyor. Tujuanya adalah memetakan lokasi tertentu dengan menentukan penempatan dexice wireless yang di sesuaikan dengan sifat, interfasi, serta jangkauan (coverage) frekuensi radio agar dapat mengimplementasikan jaringan wireless dengan baik. Site survey merpakan langkah yang sangat penting dalam mengimplemantasikanjaringan wireless.
Beberapa hal yang perlu di persiapkan dalam melakukan kegiatan site survey  antara lain:
  • Menganalisis Jenis Fasilitas 
    Jenis fasilitas dapat menentukan ukuran, jumlah user,  kebutuhan system keamanan, kebutuhan bandwitdh, budget yang berbeda, serta penggunaan mesin yang mempengaruhi penggunaan frekuensi radio dari device wireless LAN.
  • Menentukan tujuan dan kebutuhan bisnisKita menentukan apa yang di harapaan oleh pengguna jaringan wireless LAN, Sehingga dapat merancang sistem jaringan wireless yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Agar surveyor dan engineer yang merancang jaringan wireless dapat memenuhi kebutuhan bisnis, surveyor harus mengetahui bagaimana jaringan dan digunakan serta alasanya. Dengan mengetahui bagaimana jaringan wireless dapat mempengaruruhi ujuan bisnis sebuah organisasi, surveyor akan dapat membuat laporan yang baik.
  • Menentuan kebutuhan daya jangkau dan bandwitdh yang diperlukan
    Kebutuhan daya jangkau dan bandwidth menentukan teknologi yang dapat diimplementasikan dan teknologi yang digunakan ketika kegiatan site survey di kerjakan. Informasi tentang kecepatan, jangkauan, dan troughput per user harus ditentukan, Dengan demikian, ketika site survey memberikan informasi kepada engineer yang merancang jaringan wireless, ia dapat membuat solusi yang efektif dari sisi biaya dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.



  • Menentukan ketersediaan sumber dayaBeberap hal yang biasa menjadi bahan pertimbangan berkaitan dengan ktersediaan sumber daya antara lain:
    • Anggaran yang tersedia untuk melaksanakan sebuah proyek
    • Jumlah waktu yang dialokasikan untuk mengerjakan proyek
    • ada atau tidaknya administrator yang mengelola jaringan wireless
Demikian dulu bahasan artikel tentang site survey. kita lanjutin lagi di lain hari... semoga artikel ini bermanfaat bagi anda..






0 comments:

Posting Komentar