Recent Posts

Join The Community

Search

MENGUASAI DASAR JARINGAN KOMPUTER DALAM SEKEJAP

Di dalam sebuah kota, terdapat banyak rumah dan gedung.. Di setiap rumah dan memiliki alamat masing-masing. Untuk menghubungkan tiap rumah dan gedung di butuhkan sebuah jalan ini, setiap penghuni rumah bisa saling berkmunikasi dengan penghuni rumah lainnya. Terjadilah pertukaran informasi di sana. iilah yang di sebut jaringan dalam suatu kota..

Tidak jauh berbeda dengan jaringan komputer. Di dalam suatu jaringan komputer terdapat banyak komputer dengan alamatnya masing-masing. Tiap komputer memiliki informasi satu sama lain.

Kalau kamu punya komputer di rumah yang tdak terhubung ke komputer orang laen, maka komputer kamu di sebut sebagai stand alone. Di dalam suatu perusahaan, komputer biasanya terhubung dalam suatu jaringan (network). Tujuan utama penggunaan jaringan ini untuk petukaran data dan sumber daya. Untuk lebih jelasnya kita akan eksplorasi lebih dalam tentang jaringan komputer. Berdasarkan ukuranya, jaringan komputer di bagi menjadi 3, yaitu :
  • LAN (Local Area Network)
LAN adalah jaringan komputer yang cakupanya terbatas pada suatu lokasi kecil, misalnya di dalam suatu rumah, gedung, aatau kantor. LAN ini merupakan bentuk jaringan yang paling sering di gunakan dalam suatu perusahaan terutama perusahaan kecil.
  • MAN (Metropolis Area Network)
Dari singkatanya sudah jelas bahwa MAn memiliki cakupan lebih luas dari LAN. MAN meliputi dalam suatu kota. misalnya, ada perusahaan yang memiliki banyak kantor cabang di kota surabaya, ada kantor di a.yani, tandes, dan sudirman. MAN merupakan jaringan penghubung antar kantor-kantor cabang tersebut, yaitu kantor cabang a.yani, tandes, dan sudirman.
  • WAN (Wide Area Network)
WAN merupakan jaringan dengan cakupan yagn lebih luas lagi. misalnya, perusahaan memiliki kantor pusat di jakarta dan kantor cabang di surabaya  dan bandung. WAN menghubungkan antar kantor cabang di kota-kota yang berbeda tersebut..

Kita sudah mengetahui jaringan berdasarkan ukuranya. jaringan komputer juga bisa di bagi berdasarkan media penghubungnya. Istilah media penghubung ini sama dengan jalan pada suatu kota. Berdasarkan media penhubungnya, jaringan komputer bisa di bagi dua, yaitu sebagai berikut.
  • Wired Network (Jaringan Kabel)
Merupakan jaringan yang menggunakan media penghubung berupa kabel. pada jenis jaringan ini, kabel penghubungnya bisa berupa kabel Twidted pair, Coaxial, dan fiber optics. Yang jelas dalam jaringan jenis ini, ada kabel yang menjadi penghubung tiap komputer. kabel yang ering di gunakan dalam suatu LAN adalah kabel Twisted Pair (Jenis UTP = Unshield Twisted Pair) karena lbih muda dan murah.
  • Wireless Network (Jaringan Nirkabel)
Merupakan jaringan yang menggunaan media selain kabel sebagai penghubung, yaitu transmisi gelombang radio, microwave, atau infrared. pernahkah kamu mendengar istilah hot spot? Hot spot adalah satu contoh jaringan wireless. Biasanya Hot spot lebih kepada akses internet secara wireless...!!!

0 comments:

Posting Komentar